I Nyoman Suwirta: “Saya akan Menjadi Cleaning Service di Klungkung”

DENPASAR, NUSA PENIDA POST
Forum Krama Muda Nusa Penida (FKMNP) dan bupati terpilih, I Nyoman Suwirta menggelar diskusi terbuka untuk menggali aspirasi terkait pembangunan Klungkung di Warung Makan Be Pasih, Denpasar, Minggu, 22 September 2013. Acara yang dimulai pukul 13.00 wita dibuka oleh penampilan The Leveh Band yang digawangi I wayan Sukadana pada vokal, Kadek Ludra pada bass, Komang Budiarta lead gitar, Pande Kadek Heryana lead gitar dan drummer oleh Agus Gede Koriana. Band asli rasa Nusa Penida ini menyanyikan lagu ciptaan mereka sendiri berjudul “Putra Cahaya Harapan.” Lagu yang dimainkan secara akustik itu khusus diciptakan sebagai pesan dan pengingat pada Nyoman Suwirta selaku bupati terpilih untuk benar-benar menjadi pemimpin harapan.

“Saya akan menjadi cleaning service untuk Klungkung.” Pernyataan itu terlontar dari Bupati Klungkung terpilih I Nyoman Suwirta pada sesi dialog bersama jajaran pengurus Forum Krama Muda Nusa Penida (FKMNP) dan tim Redaksi Nusa Penida Media. Ungkapan yang dipaparkan Suwirta mengacu pada langkah awal pembenahan birokrasi Kabupaten Klungkung sebagai motor penggerak. Bupati terpilih periode 2013-2018 ini mengutarakan niatnya menjadi “cleaning service” dijajaran birokrasi bukan berarti kasar atau unsur balas dendam tetapi penempatan sumber daya yang sesuai kompetensi dan kepatutan. “Untuk mewujudkan visi, misi dan program kerja dibutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar punya kompetensi dan mau bekerja,” terang I Nyoman Suwirta dengan tenang.

Penyerahan buku aspirasi oleh Ketua FKMNP kepada Bupati Klungkung terpilih periode 2013 - 2018

Penyerahan buku aspirasi oleh Ketua FKMNP kepada Bupati Klungkung terpilih periode 2013 – 2018

Sementara Ketua FKMNP, Agus Gede Koriana meminta bupati terpilih untuk menstimulasi Forum Krama Muda Nusa Penida menjadi pemersatu Sekehe Teruna se-Nusa Penida dalam satu wadah yang mampu memberdayakan pemuda disegala bidang. Menanggapi hal tersebut , I Nyoman Suwirta mengungkapkan akan mengakomodir keinginan FKMNP yang tentunya disesuaikan dengan regulasi dan mekanisme yang ada.

Sejalan dengan hal tersebut, Redaksi Nusa Penida Media yang diwakili chief editor I Gede Sumadi mendorong agar berita Nusa Penida Media dijadikan acuan dalam pengembangan Klungkung dan Nusa Penida secara khusus baik masalah dan potensinya serta siap menjadi sharing partner. “Media siap mendukung program pemerintah terkait sosialisasi dan rujukan informasi. Kami akan mengawal dan memberikan kritik yang konstruktif dan partisipatif dengan tetap mengedepankan indepensi jurnalistik,” tegas Gede yang juga Sekretaris FKMNP. Secara diplomatis, Suwirta menyatakan siap menerima masukan dari semuanya termasuk Nusa Penida Media dan berpesan isi berita Nusa Penida Media tidak hanya tentang Nusa Penida tetapi cakupan yang lebih luas skala nasional.

Pada kesempatan ini juga hadir sejumlah tokoh antara lain, I Made Sudiarka Jaya mantan camat Nusa Penida, I Nyoman Sudipa selaku Pembina Yayasan Nusa Penida sekaligus moderator. Demikian juga tokoh muda I Wayan Sukadana yang merupakan Ketua Yayasan Nusa Penida, inisiator FKMNP, I Ketut Suarma dan I Nyoman Widana senior FKMNP.  Hadir pula I Wayan Baru selaku anggota DPRD Klungkung dari fraksi Partai Gerindra. Dalam sambutannya, Baru meminta kepada masyarakat agar mengawal bupati terpilih sehingga program kerja menuju Klungkung unggul dan sejahtera dapat direalisasikan.

Nahang jani kririan ibe ne dadi nak nusa yen saje ibe duege, bagusang Klungkung jak Nusa Penida,” (red: Sekarang saatnya untuk menunjukkan bahwa orang Nusa Penida mampu untuk membangun Klungkung dan Nusa Penida), cetus I Wayan Sukadana dengan nada lantang. Di sisi lain, I Putu Darmaya yang notabena pengusaha muda berharap agar bupati baru mempermudah perijinan pembangunan fasilitas pariwisata di Nusa Penida. Darmaya menilai perijinan di Klungkung selama ini sulit dan berbelit-belit.

Menanggapi usulan tersebut, Suwirta sekali lagi mengungkapkan bahwa ia telah memikirkan hal itu dan sesungguhnya sudah tertuang dalam visi misinya. Diskusi I Nyoman Suwirta dan FKMNP serta redaksi Nusa Penida Media ditutup dengan penyerahan buku aspirasi FKMNP kepada bupati dan wakil bupati terpilih 2013 – 2018. Buku tersebut merupakan rangkuman diskusi yang terwadahi di facebook grup Forum Diskusi Krama Muda Nusa Penida tentang harapan Nusa Penida untuk menjadi lebih baik.

Reporter: Putu Gunawan