Jalur Wisata Ceningan Lembongan akan di Cold Mix

LEMBONGAN, NUSA PENIDA POST

Kondisi infrastruktur di kawasan wisata Lembongan, Jungut Batu dan Ceningan masih tergolong buruk. Hampir semua jalan mengalami kerusakan parah bahkan di jalur yang berada dekat TPA, badan jalan sering terkena banjir rob jika air pasang. Tidak hanya masyarakat setempat, wisatawan yang berkunjung pun sering mengeluhkan rendahnya kualitas layanan publik termasuk infrastrukturnya.

Bupati dan dan SKPD terkait meninjau langsung kondisi jalan di wilayah Lembongan

Bupati dan dan SKPD terkait meninjau langsung kondisi jalan di wilayah Lembongan

Mencermati kondisi ini, pejabat Pemkab Klungkung pun dibuat gerah dengan masuknya berbagai keluhan secara bertubi-tubi. Guna memastikan kondisi real, Bupati melakukan kunjungan dengan menyertakan Plt Kadis PU, I Ketut Suayadnya, Kabid Bina Marga A.A Lesmana beserta Kabag Humas Protokol, I Wayan Parna pada Rabu, (6/5) lalu. Hasil pantaun di lapangan, kerusakan parah terjadi di area dekat TPA yang berbatasan langsung dengan hutan mangrove. Ruas jalan terlihat compang-camping dan nyaris setiap hari tergenang ketika air laut pasang. Total jalur sepanjang 12 kilometer dipastikan 90% kondisinya ruska berat.

“Sering saya dapat laporan dan keluhan warga akan kondisi jalan yang sangat membahayakan pengguna jalan terutama para wisatawan asing,” ujar Suwirta.

“Jika fasilitas jalan kondisinya terus makin parah, bisa mengurangi kunjungan wisatawan, untuk itu saya harapkan kerja dengan maksimal supaya proyek ini terealiasasikan secepatnya,” imbuhnya.

Suwirta juga kembali meminta SKPD terkait untuk bekerja maksimal supaya proyek ini segera bisa terealisasi. Plt. Kadis PU, I Ketut Suayadnya mengatakan bahwa proyek pengaspalan jalan Lembongan Ceningan sepanjang 12 km nantinya akan menggunakan aspal cold mix. Namun diakuinya,hingga kini masih pada tahapan proses RUP (Rencana Umum Pengadaan).

“Mudah–mudahan bisa segera mendapatkan penawaran sehingga bulan Juni 2015 proyek bisa segera dimulai,”terang Suayadnya

Suayadnya juga menjelaskan, khusus pada beberapa badan jalan yang tergenang banjir rob, kontruksinya akan ditinggikan minimal 20 cm. Peninggian ini dimaksudkan untuk meminimalisasi terendamnya badan jalan dari air rob.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi