Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Ini Dia Pemenang Pilkades Desa Klumpu
 

Ini Dia Pemenang Pilkades Desa Klumpu

Klumpu, Nusa Penida Post

Demokrasi yang ditandai dengan pemilihan langsung dilaksanakan sampai ke tingkat desa. Minggu, 29 Desember 2013, masyarakat Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida melakukan pemilihan kepala desa secara langsung. Pada pesta demokrasi ini ada dua kandidat kepala desa yang akan bertarung untuk memimpin Desa Klumpu. Calon Kades dengan nomor urut satu adalah I Ketut Biasa, S.E. dari Banjar Tiagan sedangkan kandidat dengan nomor urut dua, I Made Redita, S.P calon dari Banjar Klumpu.

Pemilihan kepala desa berlangsung di lima TPS ( tempat pemungutan suara ) yang tersebar di setiap dusun se-Desa Klumpu, proses pemilihan berlangsung dalam situasi kondusif. Seperti yang dituturkan oleh Iptu I Gede Hendrawan (29/12), petugas dari Polsek Nusa Penida.

“Proses Pilkades berlangsung dengan aman tanpa ada sesuatu hal yang menonjol, sekarang saya bersama anggota sedang mengawal proses penghitungan hasil Pilkades,” terang Hendrawan.

"Suasana Pilkades Desa Klumpu"

Suasana pemilihan Kepala  Desa Klumpu

“Di setiap TPS kotak suara akan dihitung serentak pukul 13.00 wita selanjutnya akan dikirim ke kantor desa untuk direkap hasilnya,”  tambah Iptu Gede di bawah pohon beringin di samping Kantor Kepala Desa Klumpu saat ditanya oleh Nusa Penida Post.

Dari hasil pantauan Nusa Penida Post, hasil rekap perhitungan suara pemilihan Kepala Desa Klumpu, selisih perolehan suara kedua kandidat terpaut cukup jauh. Dari keseluruhan hak pilih, jumlah suara sah sebanyak 1853 dan tidak sah 25, I Ketut Biasa memperoleh suara 1526 sedangkan Redita mendapat 327 suara .

Hasil perhitungan rekap tersebut menunjukkan kandidat dengan nomor urut satu, I Ketut Biasa, S.E memenangkan Pilkades dengan perolehan suara telak. Dari lima TPS cuma satu TPS yang dimenangi oleh calon nomor urut dua dengan selisih sepuluh suara, sedangkan empat TPS yang lain secara mutlak dimenangkan oleh kandidat nomor urut satu, I Ketut Biasa, S.E.

“Nyen nyake dadi kepala desa terima le dwang, yang penting ane pilih le jani calon ane tawang le, masak tare tawang pilih” (red : siapa pun yang terpilih menjadi kepala desa akan saya terima, yang saya pilih sekarang adalah calon yang saya kenal, masak memilih calon yang tidak saya kenal), tutur Men Seladri (61) disela-sela antrean menunggu namanya dipanggil untuk menggunakan hak pilih.

Reporter : (I Komang Oka Sanjaya & I Wayan Dana Asmara)

Editor      :  I Wayan Sukadana & I Gede Sumadi