Incumbent Kembali Terpilih di Pemilihan Perbekel Suana

SUANA, NUSA PENIDA POST

Rabu pagi, (30/12) warga Desa Suana yang memiliki hak pilih mendatangi tempat pemilihan yang terbagi dalam 6 TPS. Setidaknya ada 3.188 daftar pemilih tetap dengan rincian 1.575 laki-laki dan 1.613 perempuan. Pemilihan perbekal yang dilakukan jelang akhir tahun ini ditinjau langsung Camat Nusa Penida, I Gusti Agung Gede Mahajaya dan jajaran Polsek dalam pengamanan yang dipimpin Kompol I Gede Arianta. Berdasarkan hasil pantauan, proses pemilihan berjalan aman dan terkendali.

Pemilihan Perbekel Desa Suana, (30/12) ditinjau langsung oleh Camat dan Kapolsek serta jajaran TNI

Pemilihan Perbekel Desa Suana, (30/12) ditinjau langsung oleh Camat dan Kapolsek serta jajaran TNI

“Astungkara Pilkel aman dan terkendali. Kami berharap kepada masyarakat mendukung perbekel yang terpilih, jangan kotak-kotak lagi,”ujar Mahajaya.

Ketua pemilihan, I Nyoman Bantat menyebutkan Pilkel kali ini diikuti oleh dua calon, yakni incumbent I Putu Rai Sudarta dan Agus Adi Arimbawa. Pemilihan yang dimulai sekitar pukul 07.00 ini menempatkan I Putu Rai Sudarta menang telak dari pesaingnya.

Data panitia pemilihan menyebutkan, incumbent memperoleh 2.599 suara sementara kompetitornya meraih 273 suara. Dari total DPT yang ada, setidaknya 297 pemilih tidak hadir sementara hasil hitung suara tidak sah sebanyak 19 suara. Pada tingkat partisipasi pemilihan, Pilkel kali ini bisa dibilang cukup bagus dengan persentasi menyentuh 90,68%. Nyoman Bantat juga sempat menjelaskan bahwa sebelumnya ada 7 calon perbekel namun akhirnya hanya 2 calon yang bertarung.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi