HUT ST. Yowana Giri Dharma Tiagan, Lestarikan Permainan Tradisional

KLUMPU, NUSA PENIDA POST

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) pertama ST. Yowana Giri Dharma, Br. Tiagan, Desa Adat Panca Mekar Sari, Desa Klumpu Nusa Penida dirayakan bertepatan hari raya Galungan.HUT ST Yowana Giri Dharma sebenarnya tanggal 26 Nopember 2013, tapi sengaja dimajukan tanggal 23 Oktoner 2013.

Tujuannya agar anggota ST. Yowana Giri Dharma yang merantau di daratan Bali bisa menghadiri kegiatan tersebut yang pulang merayakan Galungan di kampung halaman.

Rangkaian kegiatan dimulai Senin, tanggal 21 Oktober 2013 dengan melaksanakan persembahyangan bersama ke Pura Ped dan Pura Puncak Mundi. Keesokannya Selasa, tanggal 22 Oktober 2013 dilanjutkan pertandingan Futsal. Pada tanggal 23 Oktober 2013 bertepatan Galungan dilaksanakan perlombaan permainan tradisional,.

Permaianan tradisional yang dilombakan seperti permainan enggrang, balapan karung, tarik tambang, mancing botol, Jinjing botol, bakiak, makan kerupuk berpasangan dan lari kelereng. Selain permainan tradisional tersebut ada juga pemberian apresiasi kepada generasi muda yang berprestasi dalam bidang akademik dan seni budaya.

"Kegiatan Pelombaan Permainan Tradisional dalam Acara HUT ST. Yowana Giri  Dharma, Br. Tiagan Nusa Penida"

“Kegiatan Pelombaan Permainan Tradisional dalam Acara HUT ST. Yowana Giri Dharma, Br. Tiagan Nusa Penida”

Dalam laporannya, Agus Darmadi, Amd. Kep. ( 22 th ) Rabu, 23/10/2013 selaku Ketua Panitia menyampaikan tujuan Perayaan HUT ST. Yowana Giri Dharma untuk melestarikan dan membangkitkan kembali permaianan tradisional yang sudah mulai menghilang tergerus oleh permainan-permainan modern.

”Selain itu acara ini mempererat kebersamaan sesama anggota ST.Yowana Giri Dharma, sekaligus mengapresiasi generasi muda berprestasi akademik, yang aktif dalam kegiatan seni dan budaya di lingkungan Br.Tiagan. Sumber dana berasal kas ST. Yowana Giri Dharma dan sumbangan donatur.

”Saya menyambut positif kegiatan ini, dengan keterbatasan waktu karena banyak yang bekerja maupun sekolah di Bali daratan”. ”Mereka memiliki inisiatif dan melaksanakannya dengan baik , kami sangat mendukung dan bangga dengan mereka”.

”Harapan kami kedepan, mudah-mudahan mereka secara konsisten tetap memiliki inisiatif yang positif seperti ini, tutur Mangku Wayan Darya (43 th) sesepuh Br.Tiagan dalam sambutan apresiasi pada acara HUT tersebut.

Hal senada disampaikan anggota ST.Yowana Giri Dharma I Wayan Dana Asmara, S.Pd, (25 th). ” Saya sangat senang dan sudah tentu menyambut positif dengan diadakannya kegiatan ini”. ”Kegiatan sederhana tetapi memiliki banyak makna dan semangat kebersamaan didalamnya, Ujar Dana saat ditanya Nusa Penida Post.

 

Reporter : I Komang Oka Sanjaya

Editor : I Wayan Sukadana