HUT Bhayangkari Ke-65, Polwan Lakukan Gebrakan Terpadu dan Sosialisasi

TOYA PAKEH, NUSA PENIDA POST
Ada pemandangan tak biasa yang terlihat di Pelabuhan Nusa Penida, Minggu, 25/8 2013, puluhan polisi dari berbagai unsur merapat tepat pukul 16.30 wita dan langsung dimobilisasi. Setelah dikonfirmasi ke pihak Polsek Nusa Penida, kedatangan polisi yang didominasi polisi wanita (Polwan) tersebut terkait dengan rangkaian kegiatan HUT Bhayangkari ke-65.

Informasi yang diterima dari Polda Bali juga menyebutkan bahwa perayaan hari jadi Polisi Wanita, khususnya Kepolisian Daerah Bali juga diisi dengan bakti sosial termasuk pemberian bedah rumah. Rombongan yang dipimpin oleh Ni Made Asmiriwati, SH, M.H, selaku Kepala Polisi Wanita Polda Bali ini, selanjutnya menuju Pantai Banjar Nyuh dan Toya Pakeh. Berbekal kantung sampah, rombongan dibagi menjadi dua kloter untuk menyisir kawasan pantai sepanjang 2,3 Km. Dikonfirmasi disela-sela kegiatan, pihak panitia menyebut aksi bersih pantai yang dilakukan melibatkan beberapa unsur kepolisian termasuk tim Brimob Polda Bali dan menggandeng kompenen masyarakat dalam hal ini Ibu-ibu PKK, mahasiswa, STT se-Nusa Penida dalam hal ini Forum Krama Muda Nusa Penida (FKMNP), Yayasan Nusa Penida serta Siswa-siswi SMA dan SMK. “Kami datang ke sini untuk melakukan kebersihan secara bersama-sama, terpadu dengan masyarakat,” terang Ni Made Asmiriwati (52). Perwira menengah yang merupakan putri asli Nusa Penida juga merujuk kegiatan kebersihan yang dilakukan untuk menyikapi himbauan Gubernur Bali bahwa untuk menjadi daerah wisata maka daerah tersebut harus bersih.

made asmirini

Puluhan anggota Polwan Polda Bali & STT Nusa Penida mengikuti kegiatan bersih pantai serta sosialisasi

“Ada empat misi yang kami bawa ke Nusa Penida. Pertama menyambut himbauan Bapak Gubernur untuk meningkatkan kebersihan. Kedua sebagai bentuk kepedulian untuk mencegah penggunaan narkoba, kemudian menyerukan keselamatan berlalu lintas dan point keempat penyampaian informasi mengenai sistem recruitment anggota kepolisian,” jelas Kepala Bagian Operasional Direktorat Reserse Narkoba Polda Bali, Ni Made Asmiriwati, SH, M.H.

Lebih jauh ia juga mengungkapkan tingkat penyalahgunaan narkoba semakin merajalela dengan meningkatnya jumlah pengguna. Pencegahan dianggap sebagai upaya terbaik yang dimulai dari diri sendiri dan mengingatkan orang sekitar kita. “Narkoba harus dijauhi sebelum anda menyesal” nasehatnya yang disambut tepuk tangan meriah. Tak kalah penting, ditegaskan pula resiko kecelakaan semakin meningkat, hampir setiap hari ada kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Data yang dihimpun dari traffic management center menunjukkan bahwa kecelakaan didominasi oleh pengguna sepeda motor. Untuk itu pihaknya menghimbau agar masyarakat sadar akan keselamatan dirinya, salah satu dengan menggunakan helm standar.

bersih pantai

Aksi bersih pantai dalam rangka Hut Bhayangkari ke-65 dilakukan di Nusa Penida

Di sisi lain animo masyarakat yang ingin menjadi anggota kepolisian dinilai sangat minim. Melalui rangkain HUT Bhayangkari, Polda Bali melakukan sosialisasi mengenai skema dan alur sistem untuk menjadi seorang anggota Polri. Serangkaian acara yang digelar, pihak Kepolisian Daerah Bali berharap masyarakat menjauhi narkoba dan saling mengawasi untuk tidak mengunakan narkoba. Selain itu, tingkat kesadaran berlalu lintas harus ditumbuhkan demi keselamatan bersama.

Reporter : I Gede Sumadi