Hindari Perang Tarif, Biaya Penyeberangan Disepakati Rp 55.000

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Moda penyeberangan dengan speed boat kini tidak hanya melayani rute Sanur- Nusa Penida. Jasa layanan cepat ini sudah bisa dinikmati dengan rute Klungkung daratan – Nusa Penida. Waktu tempuh yang jauh lebih cepat, hanya sekitar 20 menit menjadi pilihan warga. Beberapa pengusaha transportasi sudah membuka layanan, antara lain Gangga Express, Sekar Jaya dan yang terbaru, Caspla Bali.

Pemkab Klungkung menggelar audiensi dengan pengusaha speed boat terkait penyamaan tarif.

Pemkab Klungkung menggelar audiensi dengan pengusaha speed boat terkait penyamaan tarif.

Banyaknya layanan yang ada ternyata sempat menimbulkan masalah baru, perang tarif. Kondisi dikhawatirkan berakibat buruk bagi pengusaha yang berimbas pada konsumen. Pemkab Klungkung pun bergerak cepat dengan menggelar audensi untuk menengahi.

“Apapun yang kita inginkan dan perbuat hanya untuk memenuhi keinginan konsumen, bukan memenuhi keinginan bapak selaku pengusaha,” terang I Nyoman Suwirta disela-sela pertemuan, Sabtu (19/9).

Menurutnya, perlu wadah khusus agar semua pihak bisa bergerak bersama terkait layanan penyeberangan. Sesuai dengan perencanaan yang ada, Pemkab Klungkung akan membuka akses penyeberangan ke Gili Trawangan.

“Mari kita berpikir positif untuk membuat suatu wadah sehingga kedepan kita tidak bergerak sendiri-sendiri. Dishubminfo juga segera membuat suatu wadah seperti koperasi, dan kedepan pemerintah yang akan membuatkan loket penyeberangan baik itu yang di Pesinggahan, Gunaksa ataupun di Buyuk sehingga semuanya bisa diawasi,” cetusnya.

Audiensi juga menghasilkan kesepakatan bahwa tarif penyeberangan untuk rute Klungkung daratan – Nusa Penida ditetapkan sebesar Rp 55.000 untuk sekali trip. Ketiga operator speed boat, yakni Gangga, Caspla dan Sekar Jaya setuju dengan pemberlakuan tarif tersebut.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi