Fun Bike Turut Meriahkan HUT RI ke-70

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Sabtu pagi, (15/8) Kapolsek Nusa Penida, Kompol I Gede Arianta melepas langsung peserta Fun Bike pada rangkaian peringatan HUT RI ke-70. Kegiatan fun bike tergolong baru sehingga peserta hanya didominasi kalangan siswa. Sebelum dilepas, Kapolsek sempat menghimbau agar para peserta berhati-hati dan menaati rambu lalu lintas mengingat jarak tempuh fun bike sekitar 17 kilometer. Titik start rute berada di depan Kantor Camat Nusa Penida. Informasi dari panitia menyebutkan setidaknya ada 350 peserta dari berbagail kalangan, terutama anak sekolah dasar, SMP, SMA dan Komunitas Goweser Lembongan.

Kapolsek Nusa Penida, Kompol I Gede Arianta melepas peserta fun bike untuk memeriahkan HUT RI ke-70

Kapolsek Nusa Penida, Kompol I Gede Arianta melepas peserta fun bike untuk memeriahkan HUT RI ke-70

“Sebelumnya kami sudah mengumumkan kepada Perbekel dan pihak sekolah termasuk juga BUMD yang ada di Nusa Penida untuk memberikan informasi bahwa fun bike akan digelar. Peserta yang berpartisipasi sebanyak 350 mulai dari anak sekolah dasar, beberapa siswa sekolah menengah pertama serta dari komunitas Goweser Lembongan,” ujar Ketua Panitia, I Dewa Ketut Suspriawijaya.

“Kami sebenarnya ingin menggalakkan kegiatan bersepeda meski di awal peserta tidak begitu banyak. Namun kami yakin tahun depan target peserta mencapai 700 orang. Mudah-mudahan tercapai dan kesibukan siswa di sekolah tidak terbentur. Kami berterima kasih sekali rekan komunitas sepeda dari Lembongan dari jauh datang memeriahkan hari kemerdekaan. Dengan semangat seperti ini masyarakat akan sadar pentingnya bersepeda,” imbuhnya.

Ketua Goweser Lembongan Nyoman Sukadana mengatakan memang jika dilihat dari peserta masih kurang meriah dengan minimnya peserta dewasa.

“Apakah penggemar sepeda memang minim atau sosialisasi yang kurang, itu masih tanda tanya. Warga yang berada di desa-desa yang di sekitarnya pesisir semestinya bisa berpartisipasi. Tidak hanya untuk merayakan kemerdekaan tetapi juga baik untuk kesehatan,” terang Sukadana seraya berharap peserta untuk kegiatan tahun depan jauh lebih banyak.

“Koordinasi dan komunikasi bisa lewat sekolah untuk menggerakkan dan mengkampanyekan kegiatan bersepeda untuk menjaga kesehatan dan go green. Tapi karena ini baru permulaan memang perlu kerja keras dan sosialisasi yang lebih. Besok kita di lembongan juga akan ada Fun Bike pukul16.00 wita yang dimeriahkan hiburan,” tambah Sukadana.

Reporter: Santan Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi