FKMNP Serahkan Donasi Jembatan Kuning dan Pembibitan Mangrove

LEMBONGAN, NUSA PENIDA POST

Forum Krama Muda Nusa Penida (FKMNP) menyerahkan donasi  Jembatan Kuning yang dikumpulkan secara online pasca ambruknya jembatan pada Minggu malam (16/10) lalu. Proses penggalanan dana berlangsung selama dua bulan melalui kitabisa.com. Penyerahan donasi berlangsung di Kantor Desa Lembongan dan diterima langsung I Ketut Gede Arjaya selaku perbekel. Arjaya pun memberikan apresiasi terhadap kepedulian anggota FKMNP. Menurutnya donasi yang masuk akan dipergunakan untuk mensubsidi biaya penyeberangan warga terutama siswa dan abdi negara dari Lembongan menuju Ceningan atau sebaliknya. Tahun depan pihaknya juga akan menggelar upacara besar terkait musibah lalu dan untuk pendanaan berasal dari donasi.

Ketua FKMNP menyerahkan donasi Jembatan Kuning yang diterima langsung Perbekel Lembongan (25/12)

“Donasi yang terkumpul digunakan untuk santunan korban dan sisanya digunakan untuk oprasional penyeberangan murid dan masyarakat setiap harinya. Awalnya disepakati ongkos nyebrang Rp 5.000 per orang dengan subsidi dari donasi masyarakat yang diserahkan ke pemilik sampan maka ongkos dapat kita sepakati Rp 3.000 per orang. Khusus untuk murid dan abdi masyarakat atau PNS di gratiskan,” ungkap Arjaya.

“Kami juga akan menggelar upacara dan untuk pendanaan berasal dario donasi para donatur, biayanya cukup besar,” imbuhnya.

Arjaya pun berharap ada sinergi dan komunikasi antar pemuda sehingga bisa bersama-sama menggali potensi dan ikut membangun Nusa Penida.

“Sangat penting untuk tetap menjaga komunikasi agar tidak lagi adanya celah diantara pemuda-pemuda yang sebenarnya sama-sama peduli untuk perkembangan Nusa Penida secara khusus dan Klungkung pada umumnya,” ujarnya dengan lugas.

Ketua FKMNP Komang Budiarta disela-sela penyerahan berharap donasi yang terkumpul bisa membantu masyarakat. Komang juga menginginkan para pemuda di Lembongan dan Jungutbatu bisa konsolidasi bersama bergerak untuk Nusa Penida.

“Sumbangan yang terkumpul sebesar Rp 17,600,000 yang kami kumpulkan dari donasi online lewat situs kitabisa.com,” terang Komang dalam paparannya. ‘’Kami harapkan ada pemuda dari Lembongan atau Jungutbatu mau ikut bersama-sama ngayah untuk Tiga Nusa,” tambahnya.

Pasca penyerahan donasi, anggota FKMNP juga melakukan penanaman bibit manggrove di sebelah Pura Sakenan yang bekerjasama dengan Kelompok Posana Satya Nusa yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan. Pembina FKMNP I Wayan Sukadana mengaku setiap tahun forum selalu melakukan berbagai kegiatan baik dalam bentuk gerakan penanaman pohon, bersi pantai utaupun aksi sosial lannya

“Tahun ini kita memilih Lembongan berhubung kita menyerahkan donasi untuk Jembatan Kuning juga,” ucap Sukadana

Reporter: I Wayan Bagiayasa

Editor: I Gede Sumadi