Juni 2014 Festival Nusa Penida, Undang Wisdom & Wisman

Klungkung, Nusa Penida Post

Dalam waktu dekat ini pemerintah Kabupaten Klungkung melalui dinas pariwisata dan kebudayaan akan meggelar Festival Nusa Penida.

“Ya benar, kami akan melaksanakan Festival Nusa Penida, yang rencananya akan digelar sekitar awal  Juni  2014 mendatang, sekarang tahap persiapan,” kata Kadis Budpar, I Wayan Sujana saat dihubungi Sabtu, (21/12).

Menurut Sujana, festival ini dilaksanakan bukan karena bupati yang baru, I Nyoman Suwirta berasal dari daerah setempat, melainkan untuk membangkitkan Nusa Penida dari kelesuan utamanya bidang pariwisata. Apalagi Nusa Penida sangat potensial untuk obyek pariwisata. Kepulauan ini memiliki banyak obyek yang belum terjamah padahal dari segi keindahan  jauh lebih baik dari yang ada di Bali daratan.

"Batu Melawang, Salah Satu Kawasan Wisata Nusa Penida"

Pantai Titi Bahu, salah satu kawasan wisata Nusa Penida

Festival yang akan dilaksanakan berlangsung selama empat hari, berbagai agenda pun telah disusun untuk mendukung kegiatan ini, mulai festival budaya, pengenalan obyek wisata, aneka perlombaan dan berbagai kegiatan unik lainnya untuk memberikan kesan istimewa bagi para pengunjung, baik tamu domestik maupun mancangera.

“Nanti akan ada pementasan tari-tarian sakral yang ada di Klungkung khususnya dan Bali umumnya,” ujarnya.

Kegiatan ini akan dipusatkan di Desa Batununggul sebagai pusat kota Kecamatan Nusa Penida. Berkaitan dengan festival tersebut, Dinas Budaya dan Pariwisata Klungkung juga berencana mengundang pihak swasta agar ikut ambil bagian dalam festival tersebut.

“Rencananya kita undang pihak swasta yang menggeluti bidang kepariwisataan, baik pada wisata bahari, wisata kuliner dan wisata spiritual,” tambah Sujana.

Sedangkan agenda kegiatan yang akan dirancang pada event festival tersebut meliputi lomba jukung tradisional, lomba dan pameran kuliner khas Nusa Penida, menggali potensi budaya seperti tarian khas, antara lain Tari Baris Jangkang dan kegiatan lainnya. Pentingnya agenda festival ini menurut Sujana karena Nusa Penida yang memiliki potensi yang luar biasa namun belum mendapat sentuhan, sehingga kepariwisataannya belum berkembang maksimal.

Reporter : Krista

Editor      : I Wayan Sukadana