Festival Bahari Nusa Penida 2015, ‘Enjoy the Blue Paradise’

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Pelaksanaan Nusa Penida Festival 2014 lalu memberi dampak cukup besar untuk menggairahkan kunjungan wisatawan. Sejumlah pelaku wisata juga mengklaim adanya peningkatan tersebut. Perhelatan festival dinilai mampu mendobrak kebuntuan promosi wisata yang selama ini dianggap setengah hati. Potensi keindahan akan sangat sulit berkembang jika tidak dikenalkan kepada publik.

“Saya minta Festival Nusa Penida 2015 mempunyai target yang jelas. Sehingga mampu memberikan output dan outcome yang jelas pula bagi masyarakat,” ujar Bupati Klungkung pada rapat koordinasi di kantor bupati, Rabu (8/7).

“Kunjungan wisatawan ke Nusa Penida tidak mungkin sebanyak sekarang khususnya di Nusa Gede, bila tidak ada festival 2014,” imbuhnya.

Bupati Klungkung dan jajaran terkait menggelar rapat koordinasi terkait pelaksanaan Festival Nusa Penida 2015

Bupati Klungkung dan jajaran terkait menggelar rapat koordinasi terkait pelaksanaan Festival Nusa Penida 2015

Rabu, (8/7), bupati dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi guna mengetahui perencanaan dan persiapan Fsetival Nusa Penida 2015. Rapat dihadiri Plt. Sekda IB. Sudarsana, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana, Kepala Bappeda I Putu Winastra, Kadis DPPKA IGN Putra, Kabag Humas I Wayan Parna dan sejumlah tim kerja pada festival nanti.

Berdasarkan pemaparan tim kerja, Festival Nusa Penida 2015 akan digelar mulai 2 hingga 4 Oktober 2015. Pemilihan jadwal ini dengan pertimbangan tingkat kunjungan wisatawan berada pada zona high season.

“Pertimbangannya bulan Oktober itu tamu masih ramai-ramainya di Lembongan, sehingga itu waktu dan tempat yang tepat untuk berpromosi,” jelas Nyoman Widana selaku tim kerja.

Widana juga menjelaskan tema festival 2015 adalah mengangkat keindahan bahari mengingat potensi terbesar pariwisata ada pada wisata lautnya. Kondisi ini juga sejalan dengan penetapan kawasan konservasi perairan Nusa Penida. Mengusung taglineEnjoy the Blue Paradise,’ wisatawan akan dipandu untuk menikmati pesona kehidupan bahari dan pesisir Nusa Penida sebagai destinasi wisata baru.

Berbagai kegiatan berbau laut sudah dipersiapkan mulai dari pawai ogoh-ogoh satwa laut, pementasan massal tari khas Nusa Penida, live music, pameran UMKM, touring, snorkeling dan mangrove tour. Peserta dan wisatawan juga diajak melakukan aksi bersih pantai, transpalantasi terumbu karang hingga pendidikan alam bahari. Panitia juga menggeal lomba perahu nelayan, tari rejang dewa massal di laut, lomba busana Bali bagi wisatawan asing, lomba surfing, dan uniknya lomba ‘ngeles’ (red; membuka) tali dan mengikat rumput laut, lomba megolok sampan, termasuk photography. Sedianya, pembukaan dan penutupan festival dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara Kadis kebudayaan dan Pariwisawa Klungkung, I Wayan Sujana mengatakan bahwa Disbudpar sebagai leading sektor akan mendukung sepenuhnya pergelaran ini. “Kami akan segera menindaklanjuti hasil rakortas ini dengan berbagai unsur yang terlibat, sehingga Festival Nusa Penida 2015 bisa berjalan dengan baik,” ungkap Sujana.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi