Dua Remaja Asal Nusa Penida Sebarkan Pesan Damai Lewat Lagu

DENPASAR, NUSA PENIDA POST

Musik dianggap sebagai bahasa universal yang bisa digunakan menyampaikan berbagai pesan termasuk mengkritisi fenomena sosial. Lewat rilis lagu, dua remaja asal Nusa Penida, Ayu Arya Nusandari Janawati Suarma (17) dan Ayu Arya Larasati Janawati Suarma (16) mengirim suara perdamaian dengan meluncurkan single ‘Thousand of Candles fo Peace’ pada Rabu, (7/6) di Kubu Kopi, Denpasar. Keduanya merupakan seniman muda berbakat yang sudah merilis sejumlah lagu terbaik.

Aya dan Laras meluncurkan single ‘Thousand of Candles for Peace’ sebagai pesan perdamaian

Duet Aya dan Laras yang tergabung dalam BTMDG, akronim dari nama daerah asal sang ayah Desa Batumadeg, Nusa Penida. Sebelumnya, Aya dan Laras juga sudah merilis lagu Gema Santi yang menjadi campign program pembangunan Kabupaten klungkung. Sementara ‘Thousand of Candles fo Peace’ terinspirasi dari situasi kebangsaan di tanah air yang sempat memanas dan saling hujat, terutama kasus yang menimpa mantan Gubernur Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.

“Lagu ini diciptakan untuk menyuarakan perdamaian di tanah air dan sebagai bentuk dukungan kepada Ahok, Jokowi dan tokoh-tokoh lain yang sedang memperjuangkan keadilan, perdamaian dan kesatuan bangsa,” jelas I Ketut Suarma, ayah dari Aya dan Laras.

“Ahok itu orang yang sangat spesial, pemikirannya terbuka, dan bekerja untuk banyak orang,” ujar Laras pada sesi wasancara.

Menurut Laras kondisi bangsa yang sempat hangat dengan isu perbedaan memantik keprihatinan tersendiri. Lagu yang berdurasi 5 menit 20 detik ini memberi kesan kuat untuk merajut kebersamaan dan perdamaian.

“Karena kita semua adalah saudara apapun warna kulit kita, agama kita. Lebih baik saling berpegangan tangan dan berangkulan,”sambungnya.

Bakat seni dua remaja ini mengalir dari sang ibu, IGA Ngurah Heni Janawati yang merupakan penyanyi opera dan musik klasik di Eropa dan Amerika Utara. Heni Janawati bahkan menyelesaikan kuliah musik di salah satu universitas di Kanada dan kini mengelola sekolah vokal Staccato Bali. Sang kakek IGB Ngurah Ardjana (alm) adalah seniman legendaris Bali yang terkenal dengan karya Bali Pulina, Sekar Sandat dan sejumlah karya lainnya.

Link lagu Thousand of Candles for Peace https://www.youtube.com/watch?v=4TlBJ043Bo8

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Gede Sumadi & I Komang Budiarta