Diduga Konsleting, Mobil Plat Merah Terbakar

BATUKANDIK, NUSA PENIDA POST

Kamis pagi sekitar pukul 09.00 wita, 3 Oktober 2013, warga di sekitar jalur Banjar Pandak, Desa Batukandik geger akibat kebakaran mobil. Sebuah mobil jenis Suzuki Carry dilalap si jago merah dan hanya menyisakan kerangka. Mobil dengan nomor polisi DK 9156 yang merupakan kendaraan plat merah milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali hangus terbakar. Sedianya mobil digunakan melakukan pengecekan ke sejumlah lokasi ke Desa Batukandik namun urung akibat terbakar yang memicu ledakan hebat.

“Mobil itu mendadak meledak cukup keras sebanyak dua kali. Kemudian sopir bersama rekannya langsung minggir,” ujar I Gede Artawan (33), warga yang melintas di lokasi kejadian saat ledakan (3/10).

Sebuah mobil milik Dinas PU Provinsi terbakar akibat konsleting di Banjar Pandak, Desa Batukandik, Kamis, 3 Oktober 2013

Sebuah mobil milik Dinas PU Provinsi Bali terbakar akibat konsleting di Banjar Pandak, Desa Batukandik, Kamis, 3 Oktober 2013

Dari keterangan warga sekitar lokasi kejadian, mobil yang terbakar tersebut datang dari arah Sampalan menuju Desa Batukandik. Saat melintas di lokasi kejadian, mobil naas tersebut mengeluarkan asap. Sopir dan rekanya yang menyadari situasi berbahaya langsung berinisiatif meminggirkan mobil dan keluar yang diikuti bunyi dentuman keras. Hasil investagisi sementara, kebakaran terjadi akibat mesin overheat (red; terlalu panas) karena rute jalan menanjak yang harus dilewati selanjutnya mengeluarkan percikan api dan meledak.

“Sepertinya mesin mobil panas akibat jalan menanjak dan memicu konsleting yang mengakibatkan mobil terbakar. Beruntung wargat cepat membantu memadamkan api,” terang Artawan. Penuturan senada dari warga setempat Putu Lansari (54), meledaknya mobil membuat warga di sekitar kejadian kaget dan seketika berkerumum ke lokasi asal ledakan. “Setelah ledakan, kami langsung menolong memadamkan kobaran dengan peralatan seadanya. Syukurn kejadian ini tidak memakan korban jiwa,” ujarnya.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi