Diduga Akibat Gempa, Tebing Runtuh Rusak Pura Segara

BATUKANDIK, NUSA PENIDA POST

Kompleks Pura Segara yang diempon oleh warga Banjar Antapan, Desa Batukandik rusak parah akibat tertimpa runtuhan tebing. Setidaknya ada 7 pelinggih terdampak longsoran, kuat dugaan ambrolnya tebing di atas pura imbas dari gempa yang terjadi beberapa waktu lalu. Pura Segara Banjar Antapan berada kawasan Pantai Batu Seha, tepat di bawah tebing curam dengan ketinggian hampir 150 meter.

Warga Banjar Antapan membersihkan puing-puing runtuhan tebing yang merusak pura, kuat dugaan akibat gempa beberapa waktu lalu

Lokasi pura yang jauh dari pemukiman dan terpencil membuatnya cukup sulit memastikan waktu tepat runtuhnya tebing. Kejadian ini baru dilaporkan beberapa hari lalu oleh warga I Gede Tawan asal Banjar Sukun yang kebetulan ke lokasi untuk mencari kepiting. Pihak perangkat pura yang mendapat informasi langsung meninjau lokasi. Sebanyak 7 buah bangunan ditemukan roboh tertimpa longsoran tebing.

“Kita dapat informasi dari warga banjar sebelah yang kebetulan mencari kepiting. Selanjutnya Kelian Pura Segara I Kadek Widastra dan Pak Suta mengecek langsung. Tadi malam kami adakan rapat di balai banjar dan hari ini kita melakukan pembersihan puing- puing runtuhan di areal pura,” ujar Made Sutama, Kelian Banjar Antapan yang dikonfirmasi via telepon Kamis pagi (23/8).

“Untuk sementara, kami buatkan asagan (red; pelinggih sementara) dulu karena sudah dekat dengan Purnama Kapat dan upacara mekelem, terus pada Minggu ini, (26/8) akan ada maturan guru piduka. Kalau perbaikan kami masih diskusikan,” imbuhnya

Reporter: I Gede Sumadi
Editor: I Komang Budiarta