Corporate Social Responsibility, Komitmen Perusahaan yang Tidak Hanya Keruk Keuntungan

BATUKANDIK, NUSA PENIDA POST

Warga kurang mampu yang tersebar di beberapa desa seperti, Tanglad, Batu Kandik, dan Bunga Mekar mendapat bantuan bedah rumah dari program Corporate Social Responsibilty (red; tanggung jawab sosial perusahaan) BPD Bali tahun anggaran 2014. Setidaknya ada 10 kepala keluarga yang mendapat bantuan dengan nilai Rp 30.000.000 untuk setiap rumah. Bantuan diberikan oleh Bank Pembangunan Daerah Bali melalui CSR yang bekerjasama dengan Pemkab Klungkung agar bantuan tepat sasaran.

CSR pada dasarnya bentuk kontribusi perusahaan pada masyarakat sekitar secara sosial, ekonomi dan lingkungan yang tidak hanya mengeruk keuntungan semata. Perusahaan atau badan usaha wajib turut serta mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Dalam tataran legal, CSR diatur sesuai undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas serta Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas. Pada pasal 1 angka 3 di undang-undang tersebut dinyatakan bahwa perseroan berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat.

Pemberian bantuan bedah rumah dari CSR BPD Bali untuk warga kurang mampu

Pemberian bantuan bedah rumah dari CSR BPD Bali untuk warga kurang mampu

Menurut Direktur Operasional BPD Bali, I Wayan Sujana saat penyerahan program, CSR BPD Bali khusus untuk Kabupaten Klungkung dipusatkan di Nusa Penida. Seluruh warga yang mendapat bedah rumah telah diseleksi dengan ketat dan menggunakan rujukan data dari  Dinas Sosial Klungkung.

“Setiap unit bedah rumah dianggarkan Rp 30.000.000. Jadi program CSR yang dilayangkan di Nusa Penida totalnya Rp 313. 400.000  itu termasuk program peduli lingkungan yakni bantuan tong sampah,” papar Sujana seusai pemberian bantuan di Banjar Antapan, Desa Batukandik (24/1).

“Mudah-mudahan di tahun 2015, program CSR dari 10 unit menjadi 15 unit yang tersebar di Kabupaten Klungkung. Ada 8 program CSR yang disalurkan BPD Bali di seluruh Kabupaten/kota di Bali dengan nilai Rp 5.810.000.000. Program CSR meliputi pendidikan, kesehatan, seni budaya, olahraga, sosial serta pengembangan sarana dan prasarana,” tambahnya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang turut hadir memberikan bantuan secara simbolis Program CSR bedah rumah BPD Bali. Penyerahan berlangsung di salah satu rumah penerima bedah rumah, I Wayan Merta asal Banjar Antapan, Desa Batukandik, Sabtu (24/1).

Penyerahan bedah rumah didampingi oleh Kabag Humas dan Protokol I Wayan Parna, Camat Nusa Penida I Ketut Sukla dan Kepala BPD Bali Cabang Klungkung, Ida Ayu Tri Rasmiwinari serta tokoh masyarakat setempat. Berdasarkan informasi yang diperoleh, pembangunan 10 unit bedah rumah dilaksanakan pada September dan rampung pada Desember 2014 lalu. Total 10 unit bantuan tersebar di beberap titik, 5 unit di Desa Batukandik, 4 unit di Desa Tanglad dan Desa Bunga Mekar 1 unit. Berikut adalah nama warga yang mendapat program bedah rumah dari dana CSR BPD Bali untuk wilayah Nusa Penida:

  1. I Made Magel, asal Br. Julingan, Desa Tanglad
  2. I Wayan Lasya, asal Br. Caruban, Desa Tanglad
  3. I Nyoman Rai, Br. Watas, Desa Tanglad
  4. I Putu Sunarya dari Br. Tanglad, Desa Tanglad
  5. I Nyoman Kaneg, asal Br. Karangdawa, Desa Bungamekar
  6. I Wayan Kocap, asal Br. Batuguling, Desa Batukandik
  7. I Nyoman Sekar Jaya, asal Br. Sukun, Desa Batukandik
  8. I Wayan Merta, asal Br. Antapan, Desa Batukandik
  9. I Nyoman Pica dari Br. Salang, Desa Batukandik
  10. I Nengah Kuasa, asal Br. Batukandik, Desa Batukandik.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta seusai penyerahan mengatakan sangat berterima kasih atas program CSR BPD Bali yang telah membantu meringankan beban warganya. Bupati asal Ceningan ini juga berharap masyarakat penerima bantuan bisa lebih produkti tanpa terpaku menanti bantuan dan uluran tangan.

“Mudah-mudahan program ini terus berlanjut serta terus terjalin kerjasama antara BPD Bali dengan Pemda. Kepada masyarakat yang diberikan CSR lebih giat bekerja agar lebih mandiri tidak hanya berpaku tangan pada bantuan,” harapnya.

Reporter : Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi