Warning: Use of undefined constant ‘DISALLOW_FILE_EDIT’ - assumed '‘DISALLOW_FILE_EDIT’' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Bupati Baru Torehkan Sejarah dan Harapan Baru
 

Bupati Baru Torehkan Sejarah dan Harapan Baru

KLUNGKUNG, NUSA PENIDA POST
Berdasarkan hasil quick count Litbang Nusa Penida Media (27/8), bisa dipastikan Pemilukada Klungkung 2013 dimenangkan paket Suwirta-Kasta dengan satu putaran saja. Pasangan nomor urut 4 ini kalah kurang lebih 2000-an suara di tiga kecamatan yaitu Dawan, Banjarangakan, dan Klungkung dari saingan terdekatnya, Paket Bagus. Sementara peroleh suara di tempat kelahirannya, Suwirta mendapat 17. 648 suara atau 62% suara sah. Total selisih suara perolehan paket 4 di Nusa Penida mencapai 12.311 dengan pasangan suara terbanyak kedua.

Ini menjadi penentu kemengan Suwirta-Kasta sekaligus penambal kekalahan suara di tiga kecamatan lain. Hasil akumulasi suara sementara dari semua kecamatan, pasangan I Nyoman Suwirta dan I Made Kasta menang dengan perolehan kurang lebih 34.642 atau 31,69%. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Suwirta-Kasta menjadi bupati dan wakil bupati baru periode 2013 – 2018, sebagai kepala daerah Klungkung.

tps sakti

Suasana Pemilihan Kepada Daerah 2013 di TPS V di Pakraman Sebunibus Desa Sakti, Nusa Penida

Sejarah baru pun tercetak dimana Suwirta satu-satunya dan untuk pertama kalinya Bupati Klungkung yang berasal dari Nusa Penida sepanjang sejarah republik ini. Suwirta yang dijagokan Partai Gerindra, PKPB dan Nasdem justru tak terduga melesat seperti meteor dengan mengalahkan pasangan Golkar, PDI Perjuangan dan Hanura. Sejarah lain yang dicatat adalah Bupati Klungkung yang berasal dari pengusaha atau lebih tepatnya penggerak ekonomi kerakyatan “Koperasi Pasar Srinadi.” Selama ini Klungkung lebih banyak dipimpin oleh birokrat dan politisi, kita pun tahu hasilnya seperti apa Klungkung sekarang. Pandangan sebelah mata dan terkesan meremehkan Suwirta-Kasta selama ini sirna seketika ketika Suwirta naik ke tahta singgasana Bupati Klungkung. Ini juga membuktikan bahwa orang-orang Nusa Penida mempunyai kompetensi dan tidak bisa dianggap enteng untuk membangun Klungkung secara keseluruhan. “Setiap orang punya hak untuk memimpin sepanjang memiliki kompetensi untuk itu, punya program dan visi misi yang jelas,” terang I Gede Tanjung (44), tokoh politik yang maju sebagai calon legislatif DPRD Tingkat I untuk daerah pemilihan Klungkung. Gede yang masuk DCT dari Partai Gerindra dengan nomor urut 3 juga menambahkan bahwa kemenangan bupati terpilih merupakan kemenangan rakyat Klungkung dan bertanggungjawab membawa Klungkung lebih maju. “Bupati terpilih harus aktif ke bawah melihat kondisi real di lapangan sehingga punya dasar untuk menentukan arah pembangunan Klungkung yang lebih baik” tambahnya.

Banyak harapan tertumpu pada pasangan nomor empat ini. Mulai dari pembenahan infrastruktur, revitalisasi pasar sebagai jantung ekonomi, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan indek pendidikan minimal, pengembangan pariwisata dan secara keseluruhannya membuat Klungkung unggul dan sejahtera. Harapan lain yang Suwirta janjikan, menjadikan Klungkung menjadi kota budaya dan niaga adalah sebuah komitmen secara konsep patut diacungi jempol. Pemimpin baru Klungkung harus mampu membuat skala perioritas, memaksimalkan pemanfaatan potensi sumber daya manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) sehingga bisa menjawab masalah-masalah Klungkung yang akut.

grafik suara kecamatan

Hasil rekapitulasi suara pada rapat Pleno di Kecamatan Nusa Penida

grafik suara cabup

Rekapitulasi perolehan suara sementara secara keseluruhan

Peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) 100% menjadi masalah yang tidak kalah penting, mengingat postur PAD Klungkung sangat kecil dan cenderung boros. Pembangun Klungkung tidak hanya tanggung jawab pemimpin dengan keterbatasan tetapi peran masyarakat Klungkung untuk secara bersama-sama membangun Klungkung. “Perbedaan politik yang sempat hangat adalah semata cara pandang saja, bahu membahu saling bersama-sama membangun Klungkung yang unggul dan sejahtera. Mari kita tanggalkan kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan untuk bersama mewujudkan harapan baru yang sedang merekah di Klungkung,” harap Ontal Suantara (34) yang juga ketua tim pemenangan Suwirta-Kasta (27/8). Bersama Bupati Baru I Nyoman Suwirta Wakil Bupati I Made Kasta, masyarakat disuguhkan sejarah baru dan secara bersama mewujudkan Klungkung yang unggul, sejahtera dan kreatif.

Reporter : I Wayan Sukadana