Bukit Teletubbies Nusa Penida

Nusa Penida, Nusa Penida Post

"Tampak Bukit Teletubbies difoto dari Jauh"

“Tampak Bukit Teletubbies difoto dari Jauh”

Bukit Teletubbies, demikian orang menyebutnya. Bukit yang berada disekitar timur Nusa Penida ini bernama Teletubbies berawal secara spontan oleh para wisatawan, akhirnya penduduk sekitar pun terbiasa menyebut Bukit Teletubies. Dinamai Telutubbies oleh para wisatawan mungkin karena bentuknya menyerupai rumah dalam film boneka yang pernah terkenal di televisi yaitu Film Teletubbies.

Bila diperhatikan dengan seksama, perbukitan ini memang menyerupai rumah orang Eskimo layaknya rumahnya Telutubis. Setengah bola yang tengkurap, kira –kira itu gambaran bukit-bukit yang menghiasi perbukitan yang terletak diperbatasan Dusun Julingan Desa Tangglad dengan Dusun Sedehing Desa Sekartaji dusun ini. Jarak bukit Teletubbies Kurang lebih 25 Kilometer dari Pelabuhan Kapal Desa Kutampi menuju timur. Bila dilihat lebih dekat perbukitan ini sama seperti layaknya perbukitan lain yang ada di Nusa Penida yaitu batu kapur yang bertanah tipis.

Tanah yang menyelimuti bukit Teletubis kira-kira sampai setengah meter. Karena adanya tanah ini, rerumputan bisa tumbuh disekitar perbukitan yang memberi nuansa hijau dari kejauhan sehingga bukit ini persis seperti layaknya rumah Teletubbies. Hijaunya bukit Teletubbies lebih terlihat ketika musim hujan, sedangkan pada musim kemarau bukit tampak gersang .

Biasanya petani Nusa Penida dulu yang memiliki bukit ini menanami dengan pohon gamal yang baik untuk pakan ternak sapi. Tetapi belakangan tampak bukit ini tidak terurus. Berdasarkan konfirmasi Nusa Penida Post dengan salah satu pemilik Bukit Teletubis ini Sentium (36 th) 20/5/2013 bahwa sekarang diujicobakan ditanami pohon cendana oleh pemerintah dari Dinas Kehutanan. “krane ade bantuan dari dinas kehutananan bibit cendana, ibe coba” ( red : karena ada bantuan bibit pohon cendana, ya kita coba tanam, ujar Sentium beralasan.

Bentuk Bukit yang unik, seperti rumahnya Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po dalam serial acara TV teletubbies menjadi daya tarik wisatawan melihat bukit ini. Gundukan perbukitan Teletubies berjajar satu dengan yang lain, itu, membuat terkesima para pelancong yang lewat disana. Jepretan camera mereka untuk mengabadikan gundukan bukit seperti rumah boneka Telettubies tak henti-hentinya mereka lakukan.

Bukit teletubies tadinya tidak terlalu diperhatikan, kini menjadi perhatian para wisatawan yang hendak ke Pantai Suehan. Mulai ramainya wisatawan yang berkunjung di Nusa Penida, baik wisatawan mancanegara maupun domestic menyebabkan mulai meningkat pula wisatawan yang mengetahui keunikan bukit telutubis ini. Bukit Teletubis yang unik bila dikelola menjadi kawasan wisata tentu memberikan dampak meningkatnya ekonomi masyarakat.

 

Reporter & Editor : I Wayan Sukadana