Buda Cemeng Klawu, Antrean Panjang di Sejumlah Pelabuhan

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Hari Raya Buda Cemeng Klawu yang jatuh pada Rabu (4/1) menjadi puncak piodalan di Pura Dalem Ped dan ratusan Pura Paibon atau Merajan dan Kamulan hampir di seluruh wilayah Nusa Penida, tak pelak arus penyeberangan dari dan menuju Nusa Penida dipenuhi penumpang. Setidaknya ada lebih dari 10 operator speed boat dengan total armada mencapai 25 unit namun banyaknya jumlah penumpang tetap menimbulkan antrean panjang. Calon penumpang yang datang setelah pukul 08.00 harus menunggu giliran menyeberang hingga trip ke-16.

Penggunaan jiti membuat arus bongkar muat di Pelabuhan Sampalan menjadi lebih lancar dan nyaman

“Saya sudah dari pagi di sini, itu pun dapat antrean trip ke-7,” ujar I Made Suirta, penumpang dari Banjar Antapan, Desa Batukandik.

Berdasarkan pantauan pada Kamis pagi, (5/1), tumpukan penumpang terjadi di Pelabuhan Sampalan mengingatkan setidaknya ada 4 operator layanan speed boat yang beroperasi di kawasan ini. Proses bongkar muat cukup lancar dan terbantu dengan adannya jiti sehingga dua boat bisa merapat sekaligus dan penumpang tidak perlu berbasah-basahan ketika naik ataupun turun.

Pengelola Pelabuhan Sampalan I Dewa Made Udiantara mengatakan sejak pagi hari warga memadati pelabuhan menuju daerah perantuan seperti Klungkung, Gianyar dan Denpasar. Udiantara juga mengakui fasilitas jiti dan  tangga penyeberangan yang ada membuat warga lebih memilih pelabuhan ini. Sementara arus penumpang yang dari Bali daratan didominasi umat yang akan sembahyang ke Pura Dalem Ped. Pulang kampung sudah menjadi tradisi tidak hanya pada Hari Raya Galungan, pada Buda Cemeng Klawu pun warga yang bekerja di luar pulau menyempatkan diri sembahyang ke kampung halaman.

“Pelabuhan Sampalan jadi pilihan penumpang karena fasilitas jiti karet disamping lebih aman dan nyaman ketika menyeberang,” terang Udiantara.

Pengelola speed boat I Nyoman Landep mengakui lonjakan penumpang terakomodir armada yang dimiliki saat ini sebanyak 4 armada yang mampu mengangkut penumpang. Terhitung sejak pagi saja armadanya sudah melayani sebanyak 13 trip dengan kapasitas berbeda-beda. Operator Sekar Jaya pun menambah layanan 4 kali trip dan 1 trip siang sesuai jadwal reguler. Khusus penyeberangan menuju Sanur pun mengalami lonjakan, hal ini diakui pengelola Speed Boat Idola Express, Putu Ari Taram. Menurutnya kenaikan penumpang sudah mulai sejak H-1 dan diprediksi hingga H+2.

“Kenaikan penumpang sudah terjadi sejak H-1 dan boat sudah full sampai H+2. Kami juga menambah 3 kali trip kemarin dari rute Nusa Penida dan hari ini 2 kali trip dari Sanur,” papar Taram yang dikonfirmasi Jumat pagi (6/1).

Reporter: Santana Ja Dewa & I Gede Sumadi

Editor: I Gede Sumadi