Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Batununggul Wakili Nusa Penida pada Lomba Kebersihan dan Pertamanan
 

Batununggul Wakili Nusa Penida pada Lomba Kebersihan dan Pertamanan

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST
Desa Batununggul mendapat kepercayaan untuk mewakili Kecamatan Nusa Penida pada lomba kebersihan dan pertamanan se-Kabupaten Klungkung tahun 2013. Penentuan perwakilan desa didasari beberapa komponen strategis. Desa Batununggul merupakan civic center sekaligus gerbangnya Nusa Penida. Batununggul juga menjadi etalase kehidupan sosial dan pusat kegiatan ekonomi bisnis sehingga volume sampah yang dihasilkan paling banyak dan diperlukan sentuhan penanganan khusus dibandingkan dengan desa lainnya.

Menurut keterangan tim juri lomba kebersihan dan pertamanan, I Made Widastra (48), ada sejumlah kriteria yang menjadi rujukan penilaian. “Sesuai dengan standar tahun 2009, penilaian meliputi aspek kebersihan, pertamanan, sarana dan prasarana, perindang serta peran masyarakat dalam menjaga kebersihan,” terang Widastra. Tim penilai sendiri tidak hanya dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan tetapi juga melibatkan Dinas Pertanian serta SKPD terkait lainnya. Proses penjurian dilaksanakan di Desa Batununggul, Kamis, 26 September 2013 yang dihadiri oleh masyarakat.

Tim penilai menyampaikan kriteria lomba serta motivasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan

Tim penilai menyampaikan kriteria lomba serta motivasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan

Sementara, Perbekel Desa Batununggul, I Wayan Sutama (42) berharap melalui ajang ini, masyarakat akan termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Kebersihan merupakan hal yang penting. Kita tidak pernah bosan-bosan mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan,” tegasnya. Sutama juga menambahkan bahwa ajang ini menjadi moment pembenahan desa.

“Kita berharap dengan adanya lomba bersih desa ini, semua lingkungan di Desa Batununggul selalu bersih. Lingkungan yang bersih bukan hanya di jalan umum tetapi semua jalan-jalan di dalam desa dan lingkungan banjar harus bersih juga,” tandas Sutama.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat setempat, I Dewa Gede Sutaya (56) mengatakan lomba ini harus mampu membiasakan masyarakat untuk menjaga kebersihan terutama lingkunganya tempat tinggal masing-masing. Ditambahkannya, untuk mewujudkan Desa Batununggul serta Nusa Penida yang bersih diperlukan kerjasama semua pihak. “Harus ada sinergi dengan masyarakat, bukan hanya itu SKPD yang terkait karena pelaksana asli di lapangan adalah masyarat itu sendiri,” ujar Sutaya.

Repoter : Santana Ja Dewa