Akses Dana Pusat, Perbaikan Infrastruktur menjadi Prioritas

SEMARAPURA, NUSA PENIDA POST

Setidaknya ada 300 triliun dana anggaran terparkir di Kementrian PU pusat yang bisa diakses oleh pemerintah daerah untuk berbagai porsi pembangunan. Klungkung yang notabena memiliki anggaran relatif kecil untuk pembangunan pun bergerak cepat mengajukan usulan. Dalam usulan tersebut, perbaikan sarana infrastruktur dasar di Kepulauan Nusa Penida mendapat skala prioritas mengingat kondisi infrastrukturnya masih jauh tertinggal dibanding Klungkung daratan meski perbaikan juga sedang berjalan.

Proses perbaikan jalan di Nusa Penida

Proses perbaikan jalan di Nusa Penida

Tidak hanya pengajuan ke satu kementrian, Pemkab juga langsung melobi Kementrian Perhubungan, Bappenas hingga Kementrian Kelautan dan Perikanan yang berada di bawah komando Susi Pudjiastuti. Pihak eksekutif juga mengaku mendatangi langsung kementrian terkait untuk memastikan proses usulan mendapat tanggapan.

“Setelah kami datang ke Kementrian PU beberapa hari lalu, petugas mereka sudah turun ke Nusa Penida,” ujar Suwirta sebagaimana dikutip BP (24/10).

Sekda Klungkung, Putu Winastra juga membenarkan pihak Pemkab bergerak cepat dengan berbagai ajuan. Jumlah usulan tembus Rp 1,09 triliun dengan rincian Rp  858, 9 miliar khusus infrastruktur yang meliputi untuk perbaikan Jembatan Kuning sebesar Rp 50,4 miliar, jalan raya Rp 551, 6 miliar dan hampir Rp 308 miliar untuk perbaikan tanggul di sepanjang pantai wilayah Lembongan, Jungut Batu dan Nusa Penida. Bahkan anggaran rencana pembangunan jalan lingkar sebagaimana disebutkan pada Perda Klungkung No. 1 tahun 2013 juga menjadi usulan. Proyek skala besar jalan lingkar dengan panjang 29, 65 kilometer, lebar 20 meter ini ditaksir menelan anggaran Rp 437,4 miliar.

“Usulan yang kami sampaikan lewat Musrenbangnas cukup banyak, cuma dikoordinasikan lagi. Diprioritaskan terutama jalan, tanggul pantai dan air bersih di Nusa Penida,” terang Winastra.

Sektor pendidikan juga mendapat pengajuan berupa anggaran perbaikan sarana pendidikan senilai hampir Rp 136, 81 miliar dan sarana olahraga Rp 84,8 miliar. Sentra TPI Kusamba juga masuk pos anggaran usulan disamping satu unit kapal cepat patroli untuk memantau kawasan konservasi perairan  Nusa Penida.

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi