Warning: Use of undefined constant DISALLOW_FILE_EDIT - assumed 'DISALLOW_FILE_EDIT' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | Air Ngadat, Penunggu Pasien Kelimpungan
 

Air Ngadat, Penunggu Pasien Kelimpungan

BATUNUNGGUL, NUSA PENIDA POST

Keberadaan air bersih di Puskesmas Induk Nusa Penida dikeluhkan oleh para penunggu pasien karena sering ngadat (red; macet). Kondisi ini jelas semakin memberatkan para pasien dan keluarga. Penunggu pasien pun terpaksa harus naik turun tangga hanya untuk mengangkut air bersih. Keluarga pasien yang ditemui Tim Nusa Penida Post mengungkapan keluhan mereka terhadap layanan yang sangat tidak optimal. Layanan air bersih dirasa berbanding terbalik dengan megahnya bangunan puskesmas.

Salah satu penunggu pasien, I Made Mika yang ditemui di Puskesmas I Nusa Penida, Minggu, ( 12/1) mengaku sangat keberatan naik  turun tangga hanya untuk mengangkut air bersih.

“Masa untuk air bersih saja kami harus naik turun tangga. Malang bangunan duang megah,” (red; padahal bangunannya megah), ketusnya dengan nada kesal.

Ilustrasi: Air bersih ngadat, penunggu pasien di Puskesmas I Nusa Penida Kelimpungan

Ilustrasi: Air bersih ngadat, penunggu pasien di Puskesmas I Nusa Penida Kelimpungan

Mika berharap agar secepatnya pelayanan air bersih sampai ke ruang inap paling atas. Tidak hanya air bersih, permasalahan pelayanan kesehatan juga semakin runyam (red: pelik) akibat mutasi yang dilakukan oleh mantan Bupati Klungkung, Tjokorde Gde Agung beberapa waktu lalu. Belasan tenaga medis ditarik ke Klungkung daratan, sementara sampai saat ini belum ada penggantinya. Beberapa warga menganggap mutasi ini kurang tepat yang berakibat pada menurunnya pelayanan kepada masyarakat.

“Bagaimana memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Nusa Penida kalau tenaga pelayanan ditarik ke Klungkung daratan belum lagi air yang sering ngadat,” kritik I Dewa Ketut Trisna Muliana. Trisna pun meminta permasalahan ini segera dicarikan solusi karena prihatin dengan penunggu pasien yang kelimpungan hanya untuk mendapatkan air bersih.

Kepala UPT Puskesmas I Nusa Penida, Dr. I Ketut Rai Sutapa membenarkan adanya tenaga medis yang dimutasi. Tidak tanggung-tangung sebanyak 12 tenaga medis yang dimutasi ke Klungkung daratan. Menurut Rai, minimnya tenaga medis yang ada sudah diketahui oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ketika melakukan kunjungan kerja dan akan segera ditindaklanjuti.

“Kondisi ini sudah diketahui oleh bupati pada saat meninjau Puskesmas I Nusa Penida. Kami berharap segera diisi untuk mengganti tenaga medis yang dimutasi guna mengoptimalkan pelayanan,” ujarnya

Reporter: Santana Ja Dewa

Editor: I Gede Sumadi