Tentang Kami

Nusa Penida terdiri dari 3 pulau yang menjadi sebuah kecamatan. Ketiga pulau itu adalah Pulau Ceningan, Pulau Lembongan dan  Nusa Penida “Nusa Gede”. Jarak Kecamatan Nusa Penida dengan pulau Bali yang terhubung oleh laut menyebabkan akses informasi dan  perhatian pemerintah dirasakan relative masih minim. Ini ditandai dari pembangunan infrastruktur  seperti  jalan, air dan fasilitas public lainnya masih jauh dari klungkung daratan. Untuk itu diperlukan suatu media yang dirancang sebagai akses informasi masyarakat dan sekaligus digunakan advokasi terhadap kepentingan masyarakat Nusa Penida  yang luput dari perhatian pemerintah Klungkung, Bali maupun pusat. Dengan perkembangan teknologi internet dewasa ini yg begitu mendunia, membuat kami terinspirasi utk membangun sebuah Media informasi masyarakat yg kami beri nama Nusa Penida Media.
Kami berharap media ini akan merupakan pilihan yang tepat, efisien dan efektif karena sengaja kami design untuk menjadi media informasi public semacam media pers secara online di dunia maya dimana beritanya berasal dari Nusa Penida maupun di luar Nusa Penida yang berguna untuk masyarakat.   Perancang dari Nusa Penida Media adalah anak-anak muda Nusa Penida yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap tanah kelahiran dan leluhurnya sehingga mereka berharap Nusa Penida akan maju secara ekonomi, politik, social dan budaya  dengan tetap mengedepankan penjagaan dan pelestarian warisan kekayaan social-budaya & lingkungan yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita.

Layaknya pers pada umumnya, Nusa Penida Media akan diharapkan menjadi salah satu pilar demokrasi sehingga aspirasi masyarakat Nusa Penida bisa disuarakan dengan terbuka di publik. Di sisi lain Nusa Penida Media menjadi sebuah penyeimbang dan pendorong pemerintah agar selalu bisa transparan dan akuntabel. Selain peran tersebut Nusa Penida Media yang terdiri dari Nusa Penida Post dan Nusa Penida TV yang diberdayakan secara online di internet dimaksudkan menjadi media education atau pendidikan, informasi, hiburan sekaligus mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Nusa Penida secara khusus dan cakupan lebih masyarakat dunia, di samping bisa berguna sebagai control social. Control social yang dimaksud adalah untuk Social participation (keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan), Social responsibility (pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat), Social support (dukungan rakyat terhadap pemerintah) , Social control (kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah) dan Sebagai Lembaga Ekonomi ( promosi ekonomi ). Banyak memang harapan yang ditumpukan pada Nusa Penida Media dalam rangka pembangunan Nusa Penida khususnya sumber daya manusianya melalui berita dan video yang dimuat. Walaupun memang harus diakui bahwa dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki semua harus tetap diupayakan dan diperjuangkan sehingga cita-cita luhur ini bisa terwujud.   Dukungan masyarakat, pengusaha, legislative dan pemerintah sangat diharapkan sehingga Nusa Penida Media ini mampu berperan sebagai penyeimbang dunia pers pada umumnya dan menjadi salah satu pioneer media di Kab Klungkung.

Nusa Penida Media akan dibagi menjadi Nusa Penida Post yang berbentuk Koran online dan Nusa Penida TV dalam bentuk TV Streaming. Harapan perkembangan kedepannya untuk menjadi Koran yang terbit di tengah-tengah masyarakat bisa terealisasi dg dukungan dari semua pihak baik pemerintah, pengusaha dan masyarakat secara umum. Demikian pula Nusa Penida TV, kami berusaha mendesign seperti TV pada umunya dimana mampu untuk menjadi ruang public diskusi, menampung suara masyarakat Nusa Penida, hiburan dan tentunya juga seni budaya.  Mudah-mudahan kehadiran Nusa Penida Media mampu memberi nuansa baru dan positif terhadap perkembangan masyarakat Nusa Penida secara khusus dan tentunya masyarakat dunia. Krtik, saran dan dukungan berupa pikiran dan material sangat kami harapkan dari semua kalangan utk  kelangsungan dan peningkatan media ini baik secara qualitas dan quantitas.