Warning: Use of undefined constant ĎDISALLOW_FILE_EDITí - assumed 'ĎDISALLOW_FILE_EDITí' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/npm2017/public_html/wp-config.php on line 36
Nusa Penida Media | 27 November 2013 Puncak Karya di Pura Batu Medahu Nusa Penida
 

27 November 2013 Puncak Karya di Pura Batu Medahu Nusa Penida

SUANA, NUSA PENIDA POST
Batu Medahu merupakan Pura Sad Kahyangan, terletak di timur Nusa Penida. Tepatnya di Desa Suana sekitar 12 kilometer  menuju arah timur dari dermaga pelabuhan Kapal Roro Desa Kutampi Nusa Penida.  Batu Medahu adalah  Pura yang  diempon setengah dari seluruh desa adat di Nusa Penida. Desa Adat yang mengempon Pura Batu Medahu berjumlah 20 Desa Adat. Secara geografis kelompok desa adat  yang mengempon Pura Batu Medahu berasal dari Kutampi Kaler sampai ke timur sampai Desa Pejukutan dan sekitarnya.

Pura Batu Medahu akan mengadakan ‚Äúkarya memungkah lan ngenteg linggih nubung pedagingan‚ÄĚ padan bulan November 2013. Puncak karya akan dilaksanakan tepat pada Rabu, tanggal 27 November 2013 bersamaan dengan pujawali Pura Batu Medahu yang jatuh pada buda kliwon Pahang‚ÄĚ. Itu terungkap pada hasil paruman ( red : musyawarah ) panitia Pura Batu Medahu pada kamis, 19 september 2013 di wantilan Pura Batu Medahu. Rangkaian karya di Pura Sad Kahyangan ini dimulai ¬†Rabu 2 oktober 2013 dengan menghaturkan guru piduka, ¬†Jumat 4 Oktober 2013 nyukat genah (red : mensucikan tempat), Selasa 5 November 2013 meras taring lan uperangge

2

“Suasana paruman Panitia Karya di Wantilan Pura Batu Medahu 19 September 2013 ( Foto : I Gede Suladra )

Mangku Wayan Sugianta¬† (60 tahun ) ¬†yang hadir pada paruman ¬†itu mengemukakan ‚Äúkarya ini sebagai wujud bakti umat Hindu khususnya pengempon Pura Batu Medahu. Karya ini ini dilaksanakan mengingat pembangunan di Pura Batu Medahu yang dimulai tahun 2007 secara bertahap ini sudah selesai‚ÄĚ. Sehingga penting pelaksanaan pembangunan¬† puput (red : selesai ) secara skala ( red : alam nyata ) dan niskala ( red : alam Tuhan), ujar Pemangku yang berasal dari Banjar Batumulapan Nusa Penida ini.

Dikesempatan lainnya Gede Suladra ( 38 th ) mengharapkan agar  karya memungkah lan ngenteg linggih nubung pedagingan di Pura Batu Medahu ini diketahui oleh seluruh umat Hindu khususnya warga Nusa Penida maupun Bali daratan. Sehingga yang ingin menghaturkan bhakti  maupun ngayah bisa datang meluangkan waktu ke pura Batu Medahu sesuai dudonan ( red : jadwal ) acara karya,  ujar  Gede yang menjadi sie Humas Panitia Karya Pura Batu Medahu ini.

Ketika disinggung tentang dana yang dipergunakan dalam rangka karya Pura Batu Medahu ini, usai paruman I Putu Sujana (40 th )selaku bendahara Panitia Karya Pura Batu Medahu mengatakan itu berasal dari iuran wajib setiap Kepala Keluarga aktif. Setiap KK dikenakan iuran Rp. 500. 000 yang telah dibayar bertahap selama 10 kali dalam sepuluh bulan. Lebih lanjut Putu Sujana menjelaskan jumlah KK dari 20 Desa Pekraman adalah 2.505 KK. Sehingga terkumpul dana dari iuran   sampai saat ini yaitu : Rp. 1.125.000.000  ( satu milyar seratus dua puluh lima juta rupiah ). Namun demikian jumlah dana yang terkumpul dari iuran wajib KK pengempon pura Batu Medahu tersebut masih kurang dari anggaran yang direncanakan yaitu Rp. 1.900.000.000,- ( satu milyar sebilan ratus juta rupiah ), terang lelaki yang berasal dari Desa Adat Semaya ini. Kekurangan dana tersebut masih diusahakan panitia, namun demikian kita ( red : panitia ) optimis kekurangan dana tersebut bisa diupayakan, terang Putu yang sehari-hari petugas ticket Boat Semaya one ini.

 

Reporter & Editor  : I Wayan Sukadana