20 Oktober 2013 Nyepi Segara, Penyeberangan laut Nusa Penida Ditutup

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST
“Pura Penataran Agung Dalem Ped mengadakan Karya Ngusaba Agung Penyejeg Jagat Nusa Penida”. “Puncak acara pada tanggal 19 Oktober 2013, tepat pada purnama sasih kapat”. “Rangkaian acara Karya tersebut telah dilaksanakan, diantaranya pada senin 14 Oktober 2013 Ratu Ida Betara tedun kabeh, kamis melasti memasar mamendak, jumat mapapada Taur Agung lan pengusaba, sabtu Taur Agung pengusaban tedun kepeselang mapadanan nanglukmrana mapekelem pawinenan, minggu Mejauman Nuwekbagia Pulakerti muja Tirta Pangendus, senin nyegara gunung”.

Bhatara turun kabeh maksudnya semua Rambut Sedana, Bhatara Bhatari  yang ada di seluruh Kahyangan tiga dan Sad Kahyangan di Nusa Penida ikut disungsung  ke Pura Penataran Agung Dalem Ped”. Ini disampaikan ketua Umum Panitia Karya I Ketut Narsa S. Sos (50 th) 18 Oktober 2013.

Lebih lanjut Narsa mengungkapkan,  “selain rangkaian acara sebelum karya sampai puncak karya, sehari setelah Karya Ngusaba Agung Penyejeg Jagat Nusa Penida atau tanggal 20 Oktober 2013 juga diadakan pekelem ring segara, dilanjutkan  diadakan Nyepi Segara keesokan harinya”.

lautan

Suasana Nyepi Segara di Nusa Penida

“Nyepi Segara  diadakan pada tanggal 20 Oktober 2013”. Nyepi laut dilaksanakan dengan meniadakan semua aktivitas laut yang ada disekitar perairan Nusa Penida.  Kegiatan nelayan, penyeberangan,  maupun kegiatan laut lainnya pada hari tersebut ditutup.

“Kami sudah bersurat kepada instansi terkait sebulan yang lalu, tentang pelaksanan Nyepi Segara sebagai rangkaian Karya Ngusaba .  Harapannya dinas terkait agar bisa menindaklanjutinya isi surat yang kami kirim, yang intinya meminta Dinas terkait seperti Dinas perhubungan dengan menutup  sementara jalur penyeberangan baik dari Nusa Penida ke daratan Bali maupun sebaliknya .

Ketika Nusa Penida Post mengkonfirmasi ke Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung 18 Oktober 2013, I Nengah Sukasta membenarkan hal tersebut. “Semua penyeberangan untuk tanggal 20 Oktober dari Nusa Penida  atau sebaliknya ditutup sementara”. “Penutupan penyeberangan dimulai  tanggal 20 Oktober 2013 pukul 06.00 Wita sampai pukul 06.Wita tanggal 21 Oktober 2013”.

“kami berharap ini diketahui oleh seluruh masyarakat yang hendak menyeberang dari Nusa Penida maupun sebaliknya, sehingga masyarakat bisa melakukan perencanaan penyeberangan. Pastinya tanggal 20 Oktober 2013 pada am 06.00 Wita sampai besok paginya am 06.00 Wita tidak ada angkutan laut yang melayani penyeberangan dari Nusa Penida maupun sebaliknya, ujar Sukasta penutup perbincangan.

Reporter & Editor : I Wayan Sukadana