10 Destinasi Wisata Terbaik di Kepulauan Nusa Penida 2015

NUSA PENIDA, NUSA PENIDA POST

Situs informasi wisata Wonderful Nusa Penida https://www.facebook.com/Wonderful-Nusa-Penida-354911184680568/?fref=ts merilis daftar 10 destinasi wisata terbaik sepanjang tahun 2015. Daftar ini disusun berdasarkan penilaian dari responden, utamanya kalangan pengguna media sosial yang berasal dari berbagai latar belakang. Sebelumnya, survei sederhana secara online digelar selama lima hari, dari 21 hingga 25 Desember 2015. Setiap voter diberikan daftar objek yang ada di Nusa Penida, selanjutnya mereka membuat daftar urutan wisata terbaik sesuai dengan penilaian masing-masing.

“Ada sejumlah indikator yang dijadikan judgement, pertama tentu dari masing-masing voter atau netizen yang memberi penilaian personal. Kriteria berikutnya adalah destinasi yang paling banyak diperbincangkan atau diunggah di media sosial baik facebook, twitter dan instagram. Selain itu ada faktor keindahan, lokasi yang tentunya berpengaruh pada akses menuju destinasi, fasilitas yang ada termasuk pendukung lainnya,” terang konseptor Wonderful Nusa Penida, I Made Ludra (1/1).

“Dari kami dan apa yang sebagian besar disampaikan netizen, destinasi yang sudah ada ini seharusnya diberi perhatian terutama fasilitias pendukung termasuk dalam hal kenyamanan dan keamanan seperti tempat sampah, toilet, rest area hingga life guard di sejumlah destinasi,” imbuh Ludra

Dalam rentang 5 tahun belakangan, geliat industri pariwisata di kepulauan selatan Bali ini bisa dibilang berkembang pesat. Lebih dari 200.000 wisatawan baik domestik maupun asing berkunjung untuk menikmati keindahan yang disebut sebagai ‘Bali’s New Paradise’. Menurut pandangan netizen, tidak hanya keasliannya yang membawa pengunjung pada nostalgia Bali di era 1980-an, keindahan bawah lautnya menjadi primadona bagi para penyelam. Wisata alam yang tersaji secara lengkap ditunjang budaya yang masih terjaga serta jauh dari hiruk-pikuk kehidupan modern  menjadi nilai plus. Berikut adalah daftar 10 Destinasi Wisata Terbaik 2015 di Kepulauan Nusa Penida.

1. Crystal Bay atau Pantai Penida

Crystal Bay atau Pantai Penida menjadi destinasi wisata terbaik

Crystal Bay atau Pantai Penida menjadi destinasi wisata terbaik

Pantai yang berada di Banjar Penida, Desa Sakti ini berada pada posisi teratas. Keindahan pantai terlihat dari jernihnya perairan yang menjadi lokasi snorkeling dan penyelaman dengan berbagai biota menarik termasuk ikan Mola-mola. Selain dua kegiatan wisata tadi, pengunjung dimanjakan dengan bentangan pasir putih yang lembut. Untuk mendapat pemandangan yang lebih luas dan hamparan laut biru, wisatawan bisa mendaki bukit dengan ratusan anak tangga yang mengapit pantai. Pantai ini juga memiliki sumber mata air yang dijadikan sumber air utama, terdapat kolam khusus yang bisa dipergunakan membasuh diri seusai berenang di laut. Pemandangan di sore hari semakin mempesona dengan aurora keemasan menjelang sun set dibalik atol kecil dengan pura yang ada di puncaknya.

2. Pantai Atuh

Pantai Atuh dengan gugusan atol dan tebing tinggi menjulang menjadi primadona wisata alam

Pantai Atuh dengan gugusan atol dan tebing tinggi menjulang menjadi primadona wisata alam

Berada di ujung tenggara tepatnya di Teluk Atuh, Banjar Pelilit, Desa Pejukutan dan masuk pada kawasan zona inti kawasan konservasi. Pantai Atuh diapit gugusan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Untuk mencapai pantai yang berada di bawah, pengunjung melewati jalur bibir tebing ‘dragon track’ dengan sajian pemandangan sebaran pulau-pulau kecil seperti kawasan Raja Ampat. Hembusan angin dan jalur bertingkat yang dilewati sangat tepat bagi pencinta trekking. Sisi timur puncak bukit sangat ideal untuk menikmati matahari terbit. Di depan pantai terdapat Pulau Padasan seluas 4 hektar yang menjadi benteng alami menjaga pantai dari terjangan gelombang pasang. Pantai Atuh menjadi lokasi favorit berwisata camping dan menikmati suasana alam yang masih asri. Perairan yang kaya akan coral dan aneka ikan hias menanti anda untuk diselami.

3. Pasih Huug (Broken Beach)

Pasih Huug, fenomena alam yang membentuk kaldera dengan kanal alami

Pasih Huug, fenomena alam yang membentuk kaldera dengan kanal alami

Kehancuran peristiwa masa lalu tidak sepenuhnya berujung pahit, tengoklah Pasih Huug. Daratan yang amblas dan membentuk laguna besar dengan kanal alami. Destinasi yang berada di Dusun Sompang menawarkan perpaduan landscape gugusan bukit terjal dan laut biru. Wisata Pasih Huug sering dijadikan objek berfoto ria para pengunjung. Melewati jembatan batu yang terbentuk alami dan deburan gelombang di bawahnya memberi sensasi istimewa.

4. The Angle’s Billabong

Kolam cantik yang berada tepat di bibir tebing

Kolam cantik yang berada tepat di bibir tebing

Kolam cantik yang berada di bibir tebing ini menawarkan suguhan sensasional bagaimana tidak, dari atas kolam kita bisa melihat samudra biru sejauh mata memandang ditemani deburan ombak yang menerjang tebing karang. Objek wisata The Angle’s Billabong berdekatan dengan Pasih Huug. Air yang berada di kolam akan tergantikan secara alami seiring dengan pasang surut air laut. Meski dasar kolam agak licin, berenang dan berendam di kolam ini bisa membuat anda rilek dan nyaman hanya saja tidak disarankan berenang ketika air sedang tinggi agar tidak terseret arus.

5. Eko-Wisata Hutan Mangrove

Eko-wisata mangrove menjadi destinasi edukasi dan berbasis lingkungan

Eko-wisata mangrove menjadi destinasi edukasi dan berbasis lingkungan

Satu-satunya wisata edukasi berbasis lingkungan yang mulai dilirik. Hutan mangrove seluas 230 hektar merupakan rumah bagi berbagai jenis hutan bakau, padang lamun dan ikan karang termasuk spesies burung. Menelusuri hutan mangrove dengan sampan kecil tanpa mesin membuat anda berada di wilayah baru dengan tutupan kanopi yang sangat lebat. Wisatan yang mengujungi mangrove bisa belajar banyak dengan pentingnya hutan mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem, khususnya eksistensi hutan mangrove bagi Pulau Lembongan.

6. Mata Air Temeling

Wisata tirta dengan sumber mata iar alami yang berada di bawah tebing

Wisata tirta dengan sumber mata iar alami yang berada di bawah tebing

Destinasi Mata Air Temeling bersebelahan dengan Banah Point. Wisata utama adalah kolam alami yang berada di bawah tebing curam. Akses menuju kawasan ini cukup menantang dan melewati hutan lebat yang merupakan rumah bagi burung endemik Bali, jalak Bali ‘curik’. Terdapat dua kolam pemandian, bagian atas khusus bagi laki-laki sementara kolam untuk wanita berada di sisi bawah dekat pantai. Menariknya, dua pantai yang berdekatan dipisahkan oleh tanjung dan mesti melewati lorong goa untuk menuju sisi bagian kanan.

7. Dream Beach

Dream Beach menawarkan sensasi pantai berpasir putih yang nyaman

Dream Beach menawarkan sensasi pantai berpasir putih yang nyaman

Pantai menawan dengan hamparan pasir putih yang sangat tenang, jauh dari polusi dan tepat untuk menyembuhkan jiwa yang sumpek dengan seabrek aktivitas. Wisatawan bisa menyusuri pantai atau sekedar berenang namun harus memperhatikan kondisi laut. Destinasi yang berada di Pulau Lembongan ini bisa menjadi pilihan anda dalam berwisata.

8. Pantai Suwehan

Pantai cantik yang tersembunyi di antara tebing terjal dengan sejuta keindahan

Pantai cantik yang tersembunyi di antara tebing terjal dengan sejuta keindahan

Satu lagi pantai tersembunyi di bagian selatan adalah Suwehan. Posisinya berada jauh di bawah tebing terjal di Banjar Watas, Desa Tanglad. Untuk mencapai pantai yang eksotik ini, wisatawan wajib melewati jalur setapak menuruni tebing. Pantai sepanjang kurang lebih 400 meter ini berpasir putih dan terdapat batu berbentuk volcom di bagian tengah pantai. Pada jalu masuk pertama setelah Pura Puseh, di bagian bawah terdapat mata air alami yang terkumpul dalam kolam batu.

9. Bukit Teletubies

Deretan Bukit Teletubies mirip barisan piramida

Deretan Bukit Teletubies mirip barisan piramida

Tidak banyak yang menyangka jika barisan bukit gundul berbentuk kerucut yang hanya ditumbuhi ilalang dan padang sehe menjadi pemandangan unik. Deretan bukit ini akan terlihat lebih menarik pada musim hujan, semua terlihat hijau dan sedap dipandang. Wisata Bukit teletubies terletak di Banjar Anta, Desa Tanglad dan masih satu rangkaian dengan Bukit Padan-Padang

10. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning menjadi ikon wisata untuk menikmati matahari terbenam

Jembatan Kuning menjadi ikon wisata untuk menikmati matahari terbenam

Tidak hanya dikenal karena fungsi strategis untuk menghubungkan Pulau Ceningan dan Lembongan, bagi sebagian pengunjung, Jembatan Kuning memberi kenangan tersendiri. Jembatan yang terbentang di atas selat sempit ini menjadi point terbaik untuk melihat matahari terbenam di atas hamparan petak-petak rumput laut.

Selain 10 destinasi yang paling banyak dimininati, hasil survei juga menunjukkan banyak muncul objek-objek baru yang memberi opsi lain. Destinasi favorit yang juga diunggulkan antara lain, Mata Air Seganing dan Guyangan meski medannya cukup ekstrim. Berikutnya ada Bukit Padang-padang, Banah Cliff Point, gugusan pulau dan tebing Titi Bahu yang berada dekat dengan pantai Atuh, Bukit Pendeman dekat Pura Tunjuk Pusuh, Pasih Andus dan Gamat Bay. Seluruh destinasi yang disebutkan bisa menjadi referensi liburan anda di Kepulauan Nusa Penida.

Reporter: I Gede Sumadi

Editor: I Komang Budiarta